Advertisements

Syarat Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor Bandung

Syarat, Cara, & Biaya Balik Nama Bandung – Kendaraan yang Anda beli secara bekas (second), nama kepemilikan atas kendaraan tersebut pasti masih nama pemilik yang sama. Oleh karena itu, untuk mengubah nama hak kepemilikan kendaraan, silahkan Anda lakukan proses bea balik nama kendaraan.

Advertisements

Berapa biaya balik nama kendaraan bermotor Bandung? Biaya balik nama kendaraan bermotor Bandung adalah 1% dari NJKB untuk balik nama kendaraan bekas, dan 10% dari NJKB untuk kendaraan baru.

Biaya balik nama, dan pajak tahunan kendaraan bermotor asal Bandung dapat Anda cek secara online hanya dengan menginputkan tipe, dan tahun produksi, pada Layanan Cek Pajak di bawah ini.

Daftar isi :

  1. Tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor
  2. Langkah – Langkah Balik Nama Kendaraan Bermotor

Bagi wajib pajak Kota dan Kabupaten Bandung yang hendak melakukan proses bea balik nama kendaraan bermotor wajib pergi ke Kantor Samsat.

Tarif Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor di Kota bandung

Untuk tarif bea balik nama kendaraan bermotor penyerahan kedua setiap jenis kendaraan bermotor sama yaitu 1% dari NJKB. Meskipun begitu, harga balik nama kendaraan roda 4 lebih mahal dibanding kendaraan roda 2 atau 3.

Berikut daftar tarif balik nama kendaraan bermotor di Bandung.

Biaya Proses Bea Balik Nama (BBN2) Motor

Rincian PembayaranBiaya
Proses Bea Balik Nama (BBN2) Motor1% dari NJKB
Pajak Tahunan MotorCek STNK atau Aplikasi Cek Pajak
SWDKLLJ MotorRp. 35.000
Penerbitan STNKRp. 100.000
Penerbitan BPKBRp. 225.000
Penerbitan TNKBRp. 60.000

Biaya Proses Bea Balik Nama (BBN2) Mobil

Rincian PembayaranBiaya
Proses Bea Balik Nama (BBN2) Mobil1% dari NJKB
Pajak Tahunan MobilCek STNK atau Aplikasi Cek Pajak
SWDKLLJ MobilRp. 143.000
Penerbitan BPKBRp. 375.000
Penerbitan TNKBRp. 100.000
Penerbitan STNKRp. 200.000

Keterangan : Rincian tarif bea balik nama kendaraan di atas belum termasuk biaya pendaftaran (Rp. 70.000 – Rp. 100.000) yang ditentukan oleh pihak Kantor Samsat, dan tarif denda pajak.

Syarat Dokumen Balik Nama Kendaraan Bermotor

  • E-KTP asli dan fotokopi (2 lembar)
  • STNK asli dan fotokopi (2 lembar)
  • BPKB asli dan fotokopi (2 lembar)
  • Kwitansi jual beli bermaterai dan fotokopi (2 lembar)
  • Faktur pemilik asli dan fotokopi (2 lembar)
  • Surat kuasa asli (jika pengurusan balik nama dilakukan oleh orang lain)
  • Hasil cek fisik kendaraan bermotor yang dilakukan di Kantor Samsat

Keterangan : Silahkan menggunakan surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, apabila E-KTP belum jadi.

Langkah – Langkah Balik Nama Kendaraan Bermotor di Samsat bandung

  1. Bawa kendaraan bermotor Anda ke Kantor Samsat bandung

    Bawa kendaraan anda ke kantor samsat yang bersangkutan. untuk samsat berada di jl. Soekarno hatta no. 588, Bandung. Atau anda bisa juga ke samsat kawaluyan, atau samsat padjajaran.

  2. Silahkan menuju ke loket informasi dan formulir

    Di loket ini Anda akan diberi 2 form kuning untuk cek fisik kendaraan bermotor. Selain itu, isi formulir pendaftaran dengan teliti.

  3. Lakukan cek fisik kendaraan bermotor

    Penggesekan nomor rangka, dan nomor mesin dilakukan oleh petugas samsat, pengecekan fisik kendaraan ini hanya bisa di samsat utama saja, yaitu Sukarno hatta, kawaluyan dan padjajaran. tidak bisa dilakukan di samsat Corner ITC maupun di samsat keliling

  4. Silahkan menuju ke ruang pemberkasan “Gudang Arsip Polri”

    Di ruangan ini Anda akan diminta untuk mengisi form, dan dijadikan satu dengan berkas persyaratan yang lain.

  5. Kumpulkan berkas persyaratan Anda ke loket cek fisik

    Di loket cek fisik serahkan seluruh berkas persyaratan Anda, dan tunggu sebentar hingga berkas Anda dikembalikan.

  6. Silahkan menuju ke loket pendaftaran BPKB

    Di loket ini, serahkan berkas persyaratan tersebut, dan Anda akan diminta untuk melakukan pembayaran penerbitan BPKB. Setelah itu, Anda akan diminta menunggu di loket pengesahan 5 tahun.

  7. Silahkan menuju loket “Pengesahan 5 Tahunan”

    Ketika nama Anda sudah dipanggil ke loket “Pengesahan 5 Tahunan”, petugas akan bertanya untuk memastikan data yang Anda berikan telah benar, dan Anda akan mendapatkan kwitansi berwarna biru.

  8. Lakukan pembayaran pajak kendaraan Anda

    Di loket pembayaran ini Anda harus membayar pajak, penerbitan STNK, penerbitan TNKB, dan lain sebagainya. Kemudian, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran.

  9. Ambil STNK & TNKB baru Anda

    Setelah proses pembayaran selesai, silahkan Anda menuju ke loket bagian penyerahan STNK. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan surat keterangan untuk diserahkan ke bagian BPKB.

  10. Silahkan menuju ke layanan BPKB

    Di layanan BPKB, serahkan surat keterangan yang Anda dapatkan ke petugas. Kemudian, Anda akan diberikan beberapa pertanyaan untuk memastikan data kendaraan Anda, dan informasi tanggal pengambilan BPKB baru.

cara balik nama kendaraan bermotor

Jika Anda merasa proses bea balik nama kendaraan bermotor sulit, Anda dapat menggunakan biro jasa perorangan (calo). Namun, cara ini dapat membuat biaya yang harus Anda bayarkan akan lebih mahal dari semestinya.

Untuk jasa balik nama/cabut berkas di wilyah bandung, anda bisa ke PT. Mega Alviandra Pratama, jasa biayanya adalah Rp. 1.350.000.

Ada cara yang lebih mudah dan menguntungkan bagi wajib pajak yang hendak melakukan proses bea balik nama yaitu melalui program “Triple Untung Plus” yang diselenggarakan oleh Bapenda Jawa Barat pada 1 Agustus 2021 – 24 Desember 2021.

Melalui program ini wajib pajak Bandung bisa mendapatkan pembebasan / gratis melakukan proses bea balik nama kendaraan bermotor.

itulah cara balik nama sepeda motor dan mobil, semoga bermanfaat

Download Aplikasi pajak kendaraan online