Apakah Rontgen Gigi Ditanggung BPJS? Berikut Penjelasan Nya

apakah rontgen gigi ditanggung BPJS?
Advertisements

Rontgen Gigi BPJS – Sebelum melakukan cabut gigi bungsu atau tindakan medis lainnya, dokter biasanya meminta Anda untuk melakukan rontgen gigi terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar dokter mengetahui tindakan yang tepat untuk mengatasi permasalahan gigi Anda.

Apakah rontgen gigi ditanggung BPJS? Rontgen gigi bisa ditanggung BPJS dengan indikasi medis dan pemeriksaan yang sesuai prosedur.

Untuk informasi selengkapny tentang rontgen gigi BPJS, silahkan simak artikel di bawah ini.

  • Cek Faskes Dokter Gigi BPJS Terdekat Via Aplikasi
  • Apakah Rontgen Gigi Ditanggung BPJS?
  • Biaya Maksimal Rontgen Gigi yang Ditanggung BPJS
  • Jenis Rontgen yang Tidak Ditanggung BPJS
  • Jenis Rontgen Gigi yang Ditanggung BPJS
  • Fasilitas Kesehatan Untuk Rontgen Gigi yang Ditanggung BPJS
  • Kapan Harus Rontgen Gigi?

Cek Faskes Dokter Gigi BPJS Terdekat Via Aplikasi

Bagi Anda yang ingin melakukan rontgen gigi pakai BPJS, Anda harus konsultasi terlebih dahulu ke Dokter Gigi BPJS yang sesuai dengan faskes BPJS Anda.

Untuk mengetahui faskes Dokter Gigi BPJS dengan mudah, Anda bisa mengeceknya melalui aplikai BPJS. Silahkan tekan tombol di bawah ini untuk cek faskes Dokter Gigi BPJS via aplikasi sekarang.

Untuk bisa mendapatkan layanan perawatan gigi, Anda harus memastikan status BPJS Aktif. Tak hanya itu, Anda juga perlu membawa kartu BPJS agar petugas mengetahui nomor BPJS Anda.

Advertisements

Apakah Rontgen Gigi Ditanggung BPJS?

Untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat, Dokter Gigi biasanya meminta Anda untuk melakukan rontgen gigi terlebih dahulu. Prosedur rontgen gigi dilakukan oleh dokter gigi dan ahli bedah mulut di klinik atau rumah sakit.

Untuk biaya rontgen gigi ditanggung BPJS dengan pemeriksaan serta indikasi medis yang sesuai prosedur.

Biaya Maksimal Rontgen Gigi yang Ditanggung BPJS

Rontgen gigi yang dilakukan di klinik atau rumah sakit membutuhkan biaya sekitar Rp. 150.000 – Rp. 350.000 untuk sekali pemeriksaan.

Namun untuk rontgen gigi yang ditanggung BPJS biayanya gratis asalkan sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku.

Jenis Rontgen yang Tidak Ditanggung BPJS

Jenis ronsen yang ditanggung BPJS
Advertisements

Rontgen gigi dilakukan sesuai dengan kondisi medis yang dialami pasien. Namun ada beberapa kondisi dimana biaya rontgen gigi tersebut tidak bisa tercover oleh BPJS.

Berikut ini beberapa jenis rontgen gigi yang tidak ditanggung BPJS Kesehatan.

Rontgen Gigi Untuk Pasang Behel (Kawat Gigi)

Sebelum pemasangan behel atau kawat gigi, biasanya Dokter akan meminta pasien untuk melakukan rontgen gigi terlebih dahulu. Tujuannya agar dokter mengetahui bentuk susunan gigi sehingga pemasangan behel hasilnya lebih maksimal.

Namun rontgen gigi untuk pemasangan behel tidak dijamin BPJS. Hal tersebut dikarenakan pasang behel gigi tidak tidak termasuk layanan gigi yang ditanggung BPJS, sehingga biaya rontgen nya ditanggung sendiri oleh pasien.

Rontgen Gigi Tanpa Indikasi

Biaya rontgen gigi yang tidak ditanggung BPJS selanjutnya adalah rontgen tanpa diagnosa.

Jika rontgen gigi yang Anda lakukan tanpa analisa atau rujukan dari dokter, maka biaya rontgen gigi tersebut tidak ditanggung oleh BPJS.

Karena rontgen gigi yang dicover BPJS hanya untuk indikasi dan kondisi medis sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Jenis Rontgen Gigi yang Ditanggung BPJS

Berikut ini beberapa jenis rontgen gigi yang biayanya ditanggung oleh BPJS:

  • Rontgen gigi untuk operasi gigi bungsu
  • Rontgen gigi untuk cabut gigi sulung atau permanen
  • Rontgen gigi untuk pasang gigi palsu
  • Rontgen gigi untuk kondisi gigi kegawatdaruratan oro-dental (sakit akibat radang syaraf, radang tulang, bengkak karena infeksi, dan sebagainya)
Advertisements

Fasilitas Kesehatan Untuk Rontgen Gigi yang Ditanggung BPJS

Selain menyesuaikan dengan kondisi medis gigi, ada hal lain yang perlu diperhatikan agar biaya rontgen bisa ditanggung oleh BPJS. Salah satunya adalah faskes tempat Anda melakukan rontgen.

Agar biaya rontgen ditanggung sepenuhnya oleh BPJS, Anda perlu datang ke Rumah Sakit atau Klinik sesuai rujukan Faskes Tingkat Pertama BPJS Anda.

Jika rontgen gigi Anda lakukan di faskes bukan BPJS atau faskes bukan rujukan, maka biaya rontgen Anda tidak akan ditanggung BPJS.

Kapan Harus Rontgen Gigi?

Waktu untuk melakukan rontgen gigi adalah saat Anda menemukan masalah pada gigi Anda seperti rasa sakit atau bengkak. Hal tersebut bertujuan untuk mendeteksi lebih awal masalah gigi yang Anda alami.