Alamat di STNK dan BPKB Berbeda? Berikut Cara Revisinya

Alamat STNK dan BPKB Berbeda – Data alamat pada STNK bisa berbeda dengan alamat yang tertera pada BPKB. Perbedaan alamat ini harus segera diurus mengingat STNK dan BPKB merupakan dokumen kendaraan yang saling berkaitan dan sama pentingnya. 

Advertisements

Secara umum perbedaan alamat pada STNK dan BPKB bisa terjadi akibat kesalahan input data oleh pihak dealer pada saat pembelian kendaraan. Namun pada beberapa kasus kesalahan ini juga terjadi pada proses balik nama kendaraan.

Yuk simak persyaratan apa saja yang dibutuhkan untuk merevisi alamat serta langkah untuk mengurusnya di Samsat berikut ini.

Alasan Kenapa Alamat di STNK dan BPKB Berbeda

Alasan Kenapa Alamat di STNK dan BPKB Berbeda

Pada dasarnya perbedaan penulisan alamat di STNK dan BPKB disebabkan oleh kesalahan pada proses input data oleh pihak dealer atau atau pada proses balik nama kendaraan

Namun perbedaan ini juga bisa disebabkan oleh kurangnya ketelitian pemilik kendaraan dalam menuliskan alamat domisili.

Perbedaan alamat ini bisa menimbulkan berbagai masalah bagi pemilik kendaraan apabila tidak segera diperbaiki, seperti tidak sahnya pembayaran pajak dan lain-lain.

Untuk merevisi perbedaan alamat ini pemilik kendaraan bisa mendatangi Samsat induk terdekat dan proses revisi ini berlangsung singkat yaitu hanya sekitar 30 menit hingga STNK baru diterbitkan.

Resiko Alamat di STNK dan BPKB Berbeda

Perbedaan alamat pada STNK dan BPKB bisa menimbulkan berbagai resiko bagi pemilik kendaraan diantaranya:

  • Pembayaran pajak kendaraan bisa dianggap tidak sah karena adanya perbedaan data di sistem sehingga mengharuskan pemilik kendaraan untuk membayar ulang biaya pajak.
  • Masalah perbedaan alamat ini juga bisa menyulitkan pemilik kendaraan untuk menjual kendaraan karena adanya masalah data kendaraan sehingga menyebabkan pemilik harus mengubahnya terlebih dahulu.
  • Kesulitan dalam melakukan identifikasi kendaraan karena perbedaaan alamat terutama pada saat terjadi musibah seperti pencurian motor dan sebagainya.
  • Kendaraan juga bisa dianggap sebagai barang ilegal dan bisa terkena sanksi akibat perbedaan data pada STNK dan BPKB. 

Revisi Alamat yang Salah di STNK dan BPKB

Setiap data yang tertera pada STNK dan BPKB mempunyai peranan yang sama pentingnya. Oleh karena itu pemilik kendaraan harus segera merevisi datanya apabila terjadi kesalahan input data.

Syarat Revisi Perbedaan Alamat di STNK dan BPKB

Berikut persyaratan yang harus dibawa oleh pemilik kendaraan untuk merevisi perbedaan alamat di STNK dan BPKB:

  • BPKB
  • STNK
  • KTP

Biaya Revisi Perbedaan Alamat di STNK dan BPKB

Pemilik kendaraan tidak akan dikenai biaya (gratis) untuk merevisi perbedaan alamat yang tertera pada STNK dan BPKB.

Pemilik kendaraan hanya perlu datang secara langsung Samsat induk sesuai domisili dengan membawa persyaratan diatas untuk selanjutnya dilakukan perbaikan data.

Langkah Revisi Perbedaan Alamat di STNK dan BPKB

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan untuk merevisi perbedaan alamat di STNK dan BPKB diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Datang langsung ke Samsat Induk sesuai domisili kendaraan dengan membawa persyaratan diatas.
  2. Laporkan kesalahan data kendaraan dengan menyerahkan persyaratan kepada petugas Samsat.
  3. Selanjutnya petugas Samsat akan memproses perbaikan alamat pada STNK atau BPKB.
  4. Setelah perbaikan data dilakukan, petugas Samsat akan mencetak STNK atau BPKB baru. 
  5. Jika data yang diubah adalah STNK, maka proses cetak ulang STNK bisa lebih cepat dan langsung jadi. Namun jika data yang diubah adalah BPKB pemilik kendaraan harus menunggu 7-14 hari untuk mengambil BPKB baru.
  6. Ambil STNK baru dan proses perbaikan selesai.